Langsung ke konten utama

Resensi Buku "Pola Pendidikan Anak Autis"

Resensi Buku



Judul                           : Pola Pendidikan Anak Autis; Aktivitas Pembelajaran di Sekolah
   Autis Fajar Nugraha
No.ISBN                     : 979-15986-0-6
Penulis                         : Setiati Widihastuti, SH., M.Hum.
Penerbit                       : Fajar Nugraha Autism Center FNAC Press
Jumlah halaman           : 118
Tanggal Terbit             : Maret 2007 (cetakan ke-1)


Dalam buku berjudul “Pola Pendidikan Anak Autis” kita diajak untuk mengenal lebih dekat tentang autisme. Autisme merupakan ganguan yang umumnya dialami pada masa kanak-kanak. Ditemukan oleh Kanner tahun 1943, beliau mendeskripsikan autisme sebagai ketidakmampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, ganguan berbahasa yang ditunjukkan dengan penguasaan yang tertunda, echolalia, mutest, pembalikan kalimat, adanya aktivitas bermain yang repetitive dan stereotype, rute ingatan yang kuat dan keinginan obsesif untuk mempertahankan keteraturan di dalam lingkungannya.
Secara umum anak yang mengalami ganguan autisme akan menunjukkan gejala yaitu kurang respon terhadap orang lain, mengalami kendala berat dalam berkomunikasi, dan memunculkan respon aneh terhadap berbagai aspek lingkungan disekitarnya yang berkembang pada 30 bulan pertama dari masa kelahiran anak. Selain itu, anak penyandang autis juga memiliki masalah dalam komunikasi verbal maupun non verbal, interaksi sosial, ganguan sensoris, pola bermain, ganguan pada perilaku,serta ganguan emosi.
Faktor penyebab autisme yaitu adanya kelainan pada struktur sel otak anak, yaitu gangguan pertumbuhan sel otak pada saat kehamilan trimester pertama. Berbagai hal yang dapat menghambat pertumbuhan sel otak, misalnya virus, jamur, oksigenasi (pendarahan), keracunan makanan, atau inhalasi, dan lainnya. Selain itu, faktor genetika juga memegang peranan pada terjadinya autisme.
Mendeteksi dini gangguan autisme dapat dilakukan sendiri oleh para orang tua yaitu dengan membandingkan perilaku anaknya dengan anak tetangga atau saudara yang usianya sebaya. Apabila gangguan autisme dapat dideteksi sebelum berusia 2 tahun maka penanganan dapat segera dilakukan dan hasilnya akan maksimal.
Keberhasilan proses pendidikan serta terapi bagi anak autis dipengaruhi banyak faktor, antara lain: usia anak waktu mulai dididik dan diterapi, berat ringannya derajat autisnya, metode yang dipilih, usia anak saat didiagnosis dan usia dimulainya terapi, tingkat kemampuan berbicara dan berbahasa, tingkat kecerdasan IQ, serta tingkat kesehatan dan kestabilan emosi anak. Tujuan dari pendidikan yaitu mengajarkan berbagai keterampilan untuk membantu anak mengejar ketertinggalan dalam perkembangannya, mencapai kemandirian, dan menjalani hidup dengan baik.
Pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Khusus Autistik Fajar Nugraha berorientasi dan bertujuan membantu anak autis agar mampu bersosialisai dan beradaptasi dengan lingkungan hal ini dilakukan dengan cara menyapa dan memberi salam, berjalan-jalan di sekeliling lingkungan luar sekolah, makan dan bermain bersama, kegiatan berenang, terapi musik, serta melakukan kegiatan yang lebih kompleks. Selain itu juga berorientasi dan bertujuan untuk melatih fungsi bahasa dan berkomunikasi, memperbaiki dan mengatasi masalah perilaku, serta melatih kemandirian. Sedangkan, proses pendidikan dan pembelajaran bagi anak autis diselenggarakan dalam 5 tahap, yaitu tahap diagnosis, tahap observasi, tahap penyusunan dan pelaksanaan program pembelajaran, tahap evaluasi : evaluasi kasus dan semester, tahap follow up.
Operasional pendidikan dan terapi di Sekolah Khusus Autistik Fajar Nugraha dilaksanakan dengan terstuktur baik dalam hal ruang, kegiatan dan waktu, terpola, terprogram, konsisten, serta kontinyu. Sedangkan, kurikulum bagi anak autis dapat dipilih, dimodifikasi, dan dikembangkan oleh masing-masing guru dengan mempertimbangkan kemampuan dan ketidakmampuan anak dengan cara memadukan 4 program kemampuan dasar, yaitu: kemampuan dasar kognitif, kemampuan dasar bahasa, kemampuan dasar bina diri, serta kemampuan sensomotorik. Beberapa hal yang dapat menghambat proses belajar mengajar menurut Sekolah Khusus Autistik Fajar Nugraha, yaitu masalah perilaku anak, masalah emosi, masalah perhatian, masalah kesehatan, serta masalah orang tua.
Jumlah penyangdang autisme setiap tahunnya bertambah namun, hal ini tidak diiringi dengan meningkatnya kesadaran serta sikap peduli dari orang tua, masyarakat, dan pemerintah. Rendahnya kepedulian terhadap autisme disebabkan oleh minimnya pengetahuan tentang autisme.

Kelebihan:
Buku ini ditulis dengan mengunakan kosa kata yang mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai gambar kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Sekolah Khusus Autis Fajar Nugraha sehingga memudahkan pembaca untuk lebih mengetahuai bagaimana cara pembelajaran dan pendidikan bagi anak autis. Buku ini juga dilengkapi dengan lagu-lagu yang ada di Sekolah Khusus Autis Fajar Nugraha.

Kekurangan:

Gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku ini masih hitam putih sehingga kurang menarik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Downlaod LKPD Bahasa Indonesia: Mengenal Perasaan Part 2

LKPD Bahasa Indonesia: Mengenal Perasaan Part 2         Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 2, peserta didik akan belajar tentang berbagai perasaan baik yang dialaminya sendiri maupun yang dialami oleh teman-temannya. Pada materi ini peserta didik akan belajar untuk mengamati mimik wajah untuk menentukan perasaan yang dialami seseorang. Lembar kerja ini berisi kegiatan menyusun huruf tentang perasaan, menentukan perasaan berdasarkan gambar, serta melengkapi kalimat dengan kata yang tepat. Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : 2 Jumlah halaman : 1 Ukuran kertas : A4 Link download : userscloud         studypool         uploadboy Tetap Semangat!

Download LKPD Bahasa Indonesia: Mengenal Perasaan Part 1

LKPD Bahasa Indonesia: Mengenal Perasaan Part 1      Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 2, peserta didik akan belajar tentang berbagai perasaan baik yang dialaminya sendiri maupun yang dialami oleh teman-temannya. Pada materi ini peserta didik akan belajar untuk mengamati mimik wajah untuk menentukan perasaan yang dialami seseorang. Lembar kerja ini dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam mengenali perasaan orang lain berdasarkan gambar. Mata pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : 2 Jumlah halaman : 1 Ukuran kertas : A4 Link download : userscloud           studypool           uploadboy Tetap Semangat!

Download LKPD Matematika: Menghitung, Membaca, dan Menulis Bilangan Sampai 50

Download LKPD Matematika: Menghitung, Membaca, dan Menulis Bilangan Sampai 50      Pada mata pelajaran Matematika Kelas 2 Kurikulum Merdeka, peserta didik akan belajar tentang menghitung, membaca, dan menulis bilangan sampai 50. Lembar kerja ini mengacu pada buku Matematika Kurikulum Merdeka Kelas 2 yang dapat diunduh pada link berikut ini: userscloud     studypool     uploadboy Mata pelajaran : Matematika Kelas : 2 Jumlah halaman : 1 Ukuran kertas : A4 Link download : userscloud      studypool      uploadboy Tetap semangat!